Tuesday, August 2, 2016

Bertegur Sapa dengan Masyarakat Bragang


Bragang, Klampis, Bangkalan

Sabtu, 16 Juli 2016 


Pagi masih setia menyapa kelompok 25 KKN TEMATIK UTM 2016 di Desa Bragang. Hari sabtu pagi, kami memulai hari bersamaan dengan suara adzan shubuh yang berkumandang di samping posko yang kami tempati selama berada di Desa Bragang. Mengupas jagung pemberian dari Abah, orangtua angkat yang memberikan tempat tinggal sekaligus tidak pernah bosan untuk menasehati kami untuk lebih dekat dengan masyarakat Bragang.
Pagi tadi, kami bukan hanya sekedar mengupas jagung untuk menghargai pemberian Abah saja, namun kami mengupas jagung untuk persiapan program utama kami, yaitu nugget jagung dan pudding jagung yang sesuai dengan judul program kerja kelompok KKN 25 yaitu “peningkatan daya saing melalui inovasi potensi sumber daya lokal”. Jagung merupakan sumber daya alam yang mendominasi desa Bragang, jadi kami memilih mengupas jagung pagi tadi untuk mempersiapkan praktek dari program kerja kelompok KKN 25.

Pengupasan jagung untuk program kerja utama KKN 25

Siang hariya, sebagian besar anggota kelompok KKN 25 mempersiapkan diri untuk acara malam tadi. Acara perkenalan pada perwakilan tokoh masyarakat semua dusun yang ada di Bragang, selain itu tidak lupa pula kami juga turut serta mengundang Bapak kepala Desa Bragang. Persiapan demi persiapan kami lakukan mulai dari konsumsi untuk para tamu undangan, dan segala perlengkapan untuk acara tersebut. 
Menjelang sore hari, kelompok KKN 25 mempersiapkan tempat untuk acara perkenalan. Kebetulan tempat yang disediakan oleh kepala Desa Bragang di depan masjid, jadi kami berinisiatif untuk membersihkan masjid. Canda dan tawa menghiasi sore hari yang kami lewati bersama. 

Kerja bakti membersihkan masjid Bragang

Pemasangan banner untuk acara pengenalan kelompok KKN 25


























Malam harinya, acara yang kami persiapkan seharian telah tiba. Acara perkenalan kelompok KKN 25 Universitas Trubojoyo Madura dilaksanan dengan sederhana, dibuka dengan pembacaan hamdalah dari salah satu anggota KKN 25, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua kelompok KKN 25. Sambutan dari kepala Desa Bragang sebagai tuan rumah yang telah menerima kami juga ikut serta dalam rangkaian acara yang kami laksanakan lantuan sholawat juga memeriahkan acara perekanalan kelompok KKN 25. Terlihat dengan jelas, respon dari masyarakat desa Bragang sangat luar biasa, kelompok kami sangat terkesan. Saran dan nasehat-nasehat dari masyarakat Bragang sangat membantu kami, khususnya untuk menyususn program kerja yang akan kami lakukan. Setelah acara selesai, seperti biasa kami melakukan evaluasi kelompok untuk menutup malam ketiga kami berada di Desa Bragang. Di malam harinya penanggung jawab program kerja utama membuat desain produk nugget  jagung.

Kondisi acara pengenalan KKN 25 saat sharing dan hearing

di sela-sela acara pengenalan kelompok KKN 25



0 comments:

Post a Comment