Tuesday, August 2, 2016

Dusun Begunong

Dusun Begunung

Papan penunjuk jalan Dusun Begunong


Dusun Begunung adalah salah satu dusun yang berada di desa Bragang, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. Asal mula dusun begunung berada dibawahnya gunung, berbatasan dengan bragang dan lergunung. Dusun begunung terbagi menjadi dua kepala dusun yang pertama Bapak Syafi’i dan yang kedua Bapak Khotib. Dusun begunung ada dua kepala dusun karena dusun begunung merupakan dusun yang terluas dari ketiga dusun lainnya yaitu bragang tengah, Duku nangka dan tanggunang. Kepala dusun dipilih oleh pak Klebun (Kepala Desa). Dusun begunung terdapat peninggalan sejarah di sungai bungjukong berupa 3 buah bambu runcing dimana tempat tersebut merupakan bekas penjajahan Belanda.


                                                          
Sungai Bungjukong


Sosial Budaya

Keadaan sosial budaya masyarakat di Dusun Begunung rata-rata usia menikah pada umur 13-14 tahun dan didalam acara pernikahan biasanya dilaksanakan 1 hari 2 malam serta saat acara resepsi pengantin wanita dikalungi uang (rupiah/ringgit). Sedangkan untuk masalah kehamilan dibilang normal (baik-baik saja).

Pendidikan
Di Dusun Begunung mayoritas pendidikan warganya hingga tingkat sarjana. Rata-rata yang melanjutkan ke perguruan tinggi adalah kaum adam.

Ekonomi
Dalam masalah perekonomian di dusun begunung mayoritas pekerjaan masyarakatnya menjadi TKI dan petani. Sebagian besar warga dusun begunung memiliki kendaraan sendiri seperti sepeda motor. Dan sebagian kecil ada yang memiliki mobil. Warga dusun begunung sebagian besar memiliki sapi dan kambing minimal 2 ekor.
Potensi dusun begunung adalah tanaman seperti kacang-kacangan, padi, singkong, ketela, dan pisang. Selain potensi hasil bumi, potensi alam di dusun begunung juga terdapat sungai bungjukong dan bukit begunung yang sangat menawan jika dieksplor lebih dalam. Hal tersebut nantinya akan menjadikan suatu daya tarik untuk memikat wisatawan. Dalam arti menjadikan tempat tersebut sebagai tempat wisata.

 Infrastruktur
Tahun 2005 di dusun begunung baru ada listrik, namun listrik tersebut masih disalurkan dari jalan raya ( belum merata ke setiap rumah ). Pada tahun 2016 listrik sudah mulai masuk ke setiap rumah. Jalan di dusun begunung tahun lalu masih kurang baik ( rusak ), namun saat ini jalan di dusun begunung sudah mulai membaik dan masih dalam tahap perbaikan.


    
Kodisi Jalanan Dusun Begunong

0 comments:

Post a Comment