Tuesday, August 2, 2016

Dusun Bragang Tengah

Dusun Bragang Tengah

Dusun Bragang Tengah merupakan dusun yang terletak diantara Dusun Tanggungan dan Dusun Dukoh nangka. seperti halnya di dusun yang lain yang ada di desa Bragang, dusun ini dipimpin oleh kepala dusun (apel) yakni bapak Saiful. Dusun Bragang tengah dapat dikatakan sebagai pusatnya desa, ini ki diarena letak Dusun Bragang yang strategis berada di tengah-tengah desa dan fasilitas serta infrastuktur yang cukup memadai. Kondisi fisik atau ligkungan dusun asri, dikelilingi banyak pohon besar dan terdapat satu bendungan yang dimanfaatkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan air.

Sosial Budaya

Keadaan sosial budaya masyarakat dapat digolongkan termasuk pada golongan masyarakat rumpun patembayan. Pendudduk yang masih hidup dalam kondisi yang sederhana dan tradisional membuat siapapun yang datang akan merasa nyaman seperti berada di rumah sendiri. Hal ini disebabkan warga dusun Bragang Tengah yang sangat ramah dalam menyambut orang luar yang datang untuk mengunjungi mereka. Serta para pemuda pemudinya yang mudah bergaul dengan masyarakat luar atau pendatang. Biasanya dalam acara pernikahan didusun ini, terdapat tradisi unik yakni mengkalungkan uang pecahan lima puluhan dan sertus ribuan  ke pasangan pengantin dengan maksut dan tujuan agar pengantin diberikan kelancaran dan kemakuran dalam kehidupan rumah tangganya serta menjadi keunikan da tradisi yang wajib saat acara pernikahan di Dusun Bragang Tengah.

Pendidikan

Diantara empat Dusun yang ada di Desa Bragang, tingkat pendidikikan atau tingkatan sekolah lanjutannya paling lengkap berada di dusun Bragang Tengah. yakni terdapat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Kejuruan. selain itu, terdapat pula MI ( Madrasah Ibtidayah) dan MTS (Madrasah Tsalafiyah) yang fokus pada ilmu keagamaan, tapi tetap menyeimbangkan dengan ilmu akademik (pengetahuan umum).
Di Dusun Bragang Tengah terdapat satu yayasan yang bergerak dibidang pendidikan. Yayasan tersebut bernama Nurul Huda, dalam yayasan tersebut terdapat lembaga pendidikan seperti TK,MI,MTS,SMP dan SMK. Fasilitas sarana dan prasarana di masing-masing lembaga atau sekolah tersebut sudah cukup memadai. Letak sekolah yang berada di tepi jalan raya, sangat memudahkan bagi murid maupun guru atau tenaga pengajar lainnya. Sistem pembelajaranya efektif, murid masuk kelas seuai jamnya dan pulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

SMK dan SMP Nurul Huda

Ekonomi

Jenis pekerjaan yang berwariasi seperti  menjadi petani, guru, pegawai, dan pedagang menjadikan Dusun Bragang Tengah memiliki rata-rata penghasilan yang berbeda-beda. Namun apabila ditarik  garis lurus, rata-rata pendapatan masyarakatnya cukup (baik). Sebagian besar masyarakat yang bekerja menjadi pedagang, tempat kerja atau lokasinya berada diluar desa, luar kota bahkan luar daerah. Secara khususnya masyarakat lebih menyukai merantau dan membuka lapangan pekerjaan disana. Selain itu terdapat pula masyarakat yang menjadi TKI/TKW dengan negara tujuan paling banyak Negara Malaysia atau Negara kawasan Asia Tenggara lainnya.
Bagi petani, mayoritas hasil pertaniannya adalah jagung. Mengapa tanaman jagung ini dipilih, karena kontur dan tekstur tanah sesuai dan tingkat kebutuhan air yang diperlukan tidak terlalu banyak.  Sehingga jagung cocok untuk ditanam di dusun Bragang Tengah.




Lahan pertanian jagung Desa Bragang

  Infarastuktur


Dusun Bragang Tengah memiliki fasilitas yang dimana fasilitas tersebut tidak dimiliki oleh dusun-dusun lainnya. Yakni fasilitas kesehatan seperti puskesmas pembantu desa dan bendungan yang berfungsi menampung air untuk memenuhi kebutuhan air baik bagi pertanian maupun hidup masyarakatnya. Jalanan di Dusun Bragang Tengah juga dapat dikatan baik, karena sudah diaspal dan termasuk menjadi jalan raya yang menghubungkan dusun ke dusun dan desa ke desa. Gedung-gedung sekolah yang adapun, kondisinya baik dan layak digunakan untuk proses pembelajaran. Serta sarana dan prasarana penunjang proses belajar sudah cukup memadai.

Jalanan Dusun Bragang Tengah

0 comments:

Post a Comment