Tuesday, August 2, 2016

Dusun Duko Nangkah


Dusun Duko Nangka merupakan dusun terkecil di Desa Bragang. Dusun yang terletak tepat di samping dusun begunung dan Bragang tengah ini, dan juga langsung berbatasan dengan Desa Lergunong dan Panyaksagan. Dusun ini dipimpin oleh kepala Dusun (apel) yang bernama pak Madhusin. Kondisi dusun yang masih dikelilingi dengan lahan pertanian yang luas membuat suasananya terlihat asri dan nyaman. Lahan-lahan pertanian di dusun ini mayoritas di manfaatkan untuk bercocok tanam tanaman kacang kacangan dan jagung.

Sosial Budaya
Keadaan sosial budaya masyarakat dapat digolongkan termasuk pada golongan masyarakat rumpun patembayan. Pendudduk yang masih hidup dalam kondisi yang sederhana dan tradisional membuat siapapun yang datang akan merasa nyaman seperti berada di rumah sendiri. Hal ini disebabkan warga dusun duko nangkah yang sangat ramah dalam menyambut orang luar yang datang untuk mengunjungi mereka.


 Pendidikan
Pendidikan di Dusun Dukuh Nangka masih belum didirikan sekolah yang ada di Dusun. Mayoritas penduduk Dukuh Nangka yang berpendidikan tinggi hanya mencapai sekolah dasar adapun yang sudah lulus SMP langsung kerja ke luar negeri menjadi TKW dan TKI dan kebanyakan dari mereka bekerja di Negara Malaysia.

Ekonomi
Keadaan ekonomi masyarakat Dusun Duko Nangka dapat dikatehui dengan melihat keadaan Dusun yang kebanyakan warganya bercocok tanam di lahan milik sendiri dengan menanam kacang-kacangan, jagung dan sebagainya. Dan di Dusun Dukuh Nangka terdapat juga kelompok taninya. Namun, ada juga yang menajdi TKW dan TKI dan pendapatan yang merek miliki kurang lebih 5 juta per bulan.
Potensi yang dimiliki oleh Dusun Duko Nangka banyak hasil panen seperti kacanga-kacangan. Rata-rata di Dusun Dukuh Nangka hasil panennya itu lebih besar tidak di jual untuk umum melainkan di konsumsi sendiri.

 Infrastruktur

Ketika mulai masuk ke Dusun Duko Nangka ini terlihat jalan yang cukup baik yaitu jalanan sudah di aspal hanya saja terkesan sempit. Infrastruktur yang ada di Dusun cukup baik juga dengan adanya listrik yang udah masuk ke dusun. Di Dusun ini, masyarakatnya memiliki gotong royong yang tinggi untuk mengembangkan infrastruktur. Dan untuk tempat ibadah seperti mushola telah ada dan begitupun untuk lembaga pendidikannya juga telah ada seperti MI.


0 comments:

Post a Comment