Tuesday, August 2, 2016

Dusun Tanggungan

 Dusun Tanggungan


Dusun Tanggungan

Dusun pertama di Desa Bragang ialah Dusun Tanggungan. Dusun ini merupakan Dusun yang berasal dari kata tanggungan (Separuh-separuh atau setengah-setengah), hal ini mengacu pada pemakaman tua yang ada di Dusun Tanggungan yaitu Buju’ Keleran, Keleran dalam bahasa Indonesia berarti lupa. Konon katanya, di Buju’ Keleran ini masyarakat yang ada di sekiitar Dusun, bahkan masyarakat dari Desa lainnya bisa mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan jika bernadzar di pemakaman ini. Dusun Tanggungan terletak diperbatasan Desa Tengggun sebelah utaranya, sebelah baratnya berbatsan dengan Desa Bulung, dan sebelah timurnya berbatsan dengan Desa Manunggal. Dusun Tanggungan sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu pertama Tanggungan Timur, kedua Tanggungan Barat dan ketiga Tanggungan Tengah.


                  
Buju' Keleran

         Sosial Budaya

Sosial Budaya di Dusun Tanggungan terjalin setiap minggu, bulan dan setiap tahunnya. seperti disetiap tempat dan setiap Desa pada umumnya, warga di Dusun Tanggungan melakukan sholawatan rutin setiap minggunya, malam senin dan malam kamis, sedangkan  dengan cara bergiliran dari rumah warga yang satu ke yang satunya. Setiap malam jum’at Sharofal Anam di Musholla. Setiap bulannya warga Dusun Tanggungan melakukan pengajian rutin di musholla Roudlatul Muhibbin. Setahun sekali warga Dusun Tanggungan melakukan haul akbar di pemakaman yang dituakan (Buju’ Keleran). Dusun Tanggungan memiliki organisasi RKBT (Rukun Kematian Bragang Tanggungan). Keranda pertama yang ada di Desa Bragang berasal dari Dusun Tanggungan.
Masjid di Dusun Tanggungan

       Pendidikan

Dari segi pendidikan di Dusun Tanggungan warga yang mendiami Dusun ini merupakan lulusan SMP. Di Dusun Tanggungan terdapat beberapa sekolahan, mulai dari RA/TK, MI/MD, SMP terbuka negeri Roudlatul Muhibbin,dan SD Negeri Bragang Tengah. Dari segi pendidikan Dusun Tanggungan lebih mengedepankan pendidikan berbasis agama. Dusun Tanggungan merupakan cikal bakal lahirnya guru dan kepala sekolah pertama untuk Desa Bragang.

 
M.I Roudlatul Muhibbin

SD Bragang 


    Ekonomi

Dusun Tanggungan dalam segi perekonomian memiliki komoditas hasil penambangan, pertanian dan peternakan. Penambangan yang ada di Dusun Tanggungan terletak di sebelah utara MI Roudlatul Muhibbin.at atau bagian barat Dusun Tanggungan. Penambangan yang ada di Dusun ini adalah Penambangan batu akik. kemudian, komoditas hasil pertanian yang ada di Dusun ini adalah jagung, kacang-kacangan, dan singkong, selanjutnya komoditas peternakan yang ada di Dusun ini adalah Kambing, Sapi dan Ayam. Dilain pihak di Dusun Tanggungan sebagian masyarakatnya lebih memilih untuk merantau baik keluar kota bahkan keluar negeri.
Potensi Dusun Tanggungan terletak pada penambangan batu akiknya, penambangan batu akik yang ada di Dusun Tanggungan memiliki daya tarik tersendiri. dilain pihak Dusun Tanggungan memiliki sumber air dengan mitos dibalik keberadaannya. Sumber air yang ada di Dusun Tanggungan memiliki panorama yang menarik. terdapat batu yang dianggap sebagai tempat wali melaksanakan sholat. Di sisi lain masih dengan lokasi yang sama, terdapat sumur tua yang muncul dengan lahirnya mitos yang bekembang pula. Konon ceritanya, sumber air yang ada di Dusun ini muncule akibat tongkat yang ditancapkan oleh wali ketika beristirahat di Dusun Tanggungan. Jadi Dusun Tanggungan merupakan Dusun yang dianugerahkan oleh Yang Maha Kuasa dengan sejuta pesona dibaliknya.

Batu Akik Khas Bragang

     Infrastruktur

Infrastruktur Dusun Tanggungan dalam hal bangunan sekolahan terdapat tiga bangunan. yaitu RA/TK Raudlatul Muhibbin, MI/MD, SMP Roudlatul Muhibbin dan SD Bragang 2. Musholla yang ada di Dusun Tanggungan yaitu Musholla Raudlatul Muhibbin, untuk bangunan masjidnya terdapat satu masjid yaitu masjid Al-Istiqomah. Jalanan yang ada di Dusun Tanggungan termasuk kategori jalan yang rusak, banyak sekali bebatuan yang ada di sepanjang jalan Dusun Tanggungan.


Jalanan Dusun Tanggungan

0 comments:

Post a Comment