Tuesday, August 2, 2016

Ngalong verrsi KKN 25


18 JULI 2016

 Bragang, Klampis, Bangkalan

Senin, 18 Juli 2016


Kelompok KKN 25 Desa Bragang, Klampis, Bangkalan memulai aktivitas hari senin dengan segudang kesibukan. Ketua kelompok KKN 25 membagi beberapa kelompok kecil. Pertama, kelompok yang ditugaskan untuk ke daerah Bangkalan mengurus perijinan tentang program bakti sosial dan penyuluhan KB. Kelompok kedua ditugaskan untuk menggali informasi mengenai profil Desa Bragang. 

Dinas Kependudukan Klampis
Kemudian kelompok ketiga ditugaskan untuk mengecek kondisi sekolah SD yang akan ditargetkan untuk pendelegasian dari mahasiswa jurusan pendidikan. yang terakhir kelompok yang ditugaskan untuk menyiapkan alat dan bahan program kerja utama. Selain itu, didekat posko kelompok KKN 25 terdapat sekolah SMP dan SMK yang membutuhkan jasa pengajar pula. Terakhir, kelompok yang ditugaskan untuk menyurvei dusun Begunong dan dusun Duko Nangkah.
Saat jarum jam menunjukkan pukul delapan, kelompok KKN 25 kedatangan tamu, yaitu bapak Idris dan bapak Mathari yang memninta kami langsung untuk menyumbangkan jasa kepada sekolah yang diajarnya. Setelah kedua tamu yang mendatangi kelompok kami, kamipun membagi tugas sesuai dengan yang telah disepakati. Kelompok yang ditugaskan di sekolah SMP dan SMK Nurul Huda diserahkan tugas untuk berkenalan dengan siswa baru SMP Nurul Huda, kebanyakan dari mereka adalah masyarakat dusun Desa Bragang, namun kami menemui fakta baru, karena beberapa siswa SMP Nurul Huda berasal dari desa Penyaksagghen. Angggota yang ditugaskan ke sekolah SD mendapatkan sambutan yang luar biasa dari warga sekolah, kami dipercayakan untuk menyusun mata pelajaran yang akan digunakan oleh siswa SD tersebut selama satu semester.
Kelompok yang ditugaskan untuk mengumpulkan informasi mengenai desa Bragang untuk menyusun buku desa, namun kami hanya mendapatkan informasi mengenai  luas desa Bragang. Kelompok kami memulai pencarian data dari kantor kecamatan, pertanian, KUA dan POLSEK Klampis. langit mengisyaratkan masuknya waktu siang hari, ketika itulah anggota dari kelompok KKN 25 kembali ke posko. Saat menjelang sore hari, anggota kelompok kami bersiap-siap untuk sholat berjemaah di masjid yang dekat dengan posko. Kami memanen jagung milik Abah yang memberikan kami tempat tinggal selama berada di Desa Bragang, kami memanen jagung untuk dijadikan sebagai bahan program kerja utama kami, yaitu nugget jagung dan pudding jagung.
Gelap mulai menghiasi langit desa Bragang, kelompok KKN 25 memulai rapat evaluasi pukul delapan malam hingga pukul sepuluh malam. Rapat evaluasi yang kami lakukan malam tadi membahas mengenai program kerja dan laporan mengenai tugas-tugas yang diserahkan kepada anggota kelompok. Ketua kelompok mengakhiri rapat pukul sebelas malam. Kelompok KKN 25 kemudian melanjutkan agenda hari senin tadi dengan gladi kotor pembuatan pudding jagung yang kami jadikan sebagai program kerja utama kami. Kami mengakhiri gladi kotor pembuatan pudding jagung pukul setengah dua dini hari. Kemudian kai memutuskan untuk beristirahat karena banyak sekali agenda yang menunggu kami esok pagi.
Memanen Jagung Milik Abah






Perkenalan kepada siswa SMP Nurul Huda



0 comments:

Post a Comment