Tuesday, August 2, 2016

Sejarah Desa Bragang

      Setiap desa pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupkan pencerminan dari karakter dan pencirian khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah yang sering kali tertung dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Tidak jarang dongeng dihubungkan dengan adanya mitos tempat-tempat tertentu. Dalam hal ini di Desa Bragang juga memiliki identitas yang akan kami tuangkan dalam kisah-kisah dibawah ini.

      Desa Bragang merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. Tidak banyak yang dapat diketahui mengenai sejarah Desa kecil yang indah ini. Namun dari beberapa informasi yang kami dapatkan, dahulu di Desa ini Pada masa penyebaran islam sekitar kurang lebih 600 tahun yang lalu.

      Penyebar agama Islam itu lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Pujuk Emas dan Pujuk Bina yang berasal dari Palestina, kabarnya karomah yang dianugrahkan kepada beliau adalah dapat menggumpulkan hewan-hewan dan dapat juga berbicara dengan hewan-hewan, beliau juga mempunyai 25 saudara. Pada masa penyebaran islam sekitar 600 tahun yang lalu,yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama pujuk emas dan pujuk bina yang berasal dari pakistan. Kelebihan pujuk emas dan pujuk bina dapat mengumpulkan hewan-hewan.

      Makam pujuk Emas dan Pujuk Bina sendiri berada di barat masjid Dusun Bragang Tengah sekitar ± 500 meter. Sedangkan wafatnya Pujuk Emas dan Pujuk Bina tidak diketahui, dan disebelah makam pujuk bina terdapat sumur yang pernah digali oleh beliau dan konon katanya di sumur tersebut pernah keluar air berwarna putih dan barang siapa yang memiminumnya bisa menjadi kebal. Begitulah mitos yang tersebar di masyarakat Desa Bragang. Sangat sedikit informasi yang penulis dapatkan karena bnayak masyarakat yang kurang tau dan sudah tidak memperdulikan sejarah yang ada di Desa Bragang ini.

0 comments:

Post a Comment