Monday, January 29, 2018

Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Boneka dari Kulit Jagung

       
       Kulit jagung merupakan limbah yang sangat banyak ditemui di Desa Bragang, Klampis, Bangkalan. Limbah ini banyak ditemui karena kebanyakan masyarakat Desa Bragang yang memiliki kebun jagung pribadi kurang memanfaatkannnya dengan optimal. Limbah kulit jagung biasanya hanya digunakan masyarakat untuk membuat bara api di tungku dapur mereka namun tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 42 UTM membuat kreasi terbaru untuk menghasilkan kerajinan yang terbuat dari kulit jagung, yaitu dengan membuat boneka dari kulit jagung. Jika dilihat dari olahan kulit jagung, memang sudah banyak kita temui kreasi-kreasi seperti bunga karena memang tekstur kulit jagung sangat cocok digunakan untuk hiasan dan kerajinan.
            Tim KKN 42 UTM membuat suatu pelatihan yang ditujukan kepada anak-anak di salah satu SD Negeri 2 Bragang yang terletak di Dusun Tanggungan, Desa Bragang. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (27/01) pukul 09.00 di kelas 5 dengan siswa berjumlah 22 siswa, ditambah dengan kelas 6 yang berjumlah 14 orang sehingga total siswa yang mengikuti pelatihan adalah 36 siswa yang dibagi dalam 5 kelompok siswa. Setiap kelompok sebelumnya sudah dibentuk menyiapkan bahan-bahan seperti kulit jagung, tusuk sate dan lilin, sedangkan dari tim KKN 42 UTM akan membawakan kapas, dan lem bakar atau lem tembak untuk melengkapi bahan yang sudah ada.
            Pelatihan pembuatan boneka mendapatkan respon yang baik dari anak-anak, hal tersebut terlihat dari antusiasme anak-anak yang telah membawa bahan-bahan sesuai dengan apa yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. Pelatihan pembuatan boneka dari kulit jagung dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa KKN 42 UTM, ada yang menjadi tutor untuk memperagakan,  sedangkan  mahasiswa yang lain berpencar di setiap kelompok untuk membantu dan mengawasi anak-anak karena bahan yang digunakan juga menggunakan lilin sehingga perlu adanya pengawasan dari orang dewasa.
            Kami juga mendapatkan dukungan yang baik dari dewan guru SD Negeri 2 Bragang. Salah satu guru SD Negeri 2 Bragang, mengungkapkan dukungannya ketika pelaksanaan pelatihan pembuatan kerajinan tangan boneka dari kulit jagung, bahwa pelatihan ini dapat membangun kreativitas anak-anak SDN 2 Bragang dalam memanfaatkan limbah sehingga menghasilkan suatu keterampilan yang memiliki daya tarik lebih, apalagi masyarakat Desa Bragang yang kebanyakan berkebun jagung sehingga bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan.  Pelatihan ini diharapkan dapat  menambah wawasan anak-anak terhadap kreasi-kreasi yang dapat mereka ciptakan sendiri dari limbah jagung dan memanfaatkan limbah yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari.  

0 comments:

Post a Comment