Tuesday, January 16, 2018

Mendalami Desa Bragang dari Segi Sosial Budaya


      Desa Bragang memiliki empat dusun yaitu: Dusun Tanggungan, Dusun Duko Nangka, Bragang Tengah dan Dusun Begunong. Di dalam satu dusun tersebut nyatanya memiliki beberapa nama kampung tersendiri. Dusun Tanggungan memiliki anak dusun yang disebut kampung Bujuk Kaleran. Kampung Bujuk Kelerang terdapat beberapa sekolah, antara lain MI, SMP Terbuka, Madratsah Diniyah dalam satu lokasi sekolah yang digunakan secara bergantian.
      Desa Bragang memiliki keindahan yang tidak banyak diketahui orang, karena pada tahun ini akses menuju Desa Bragang akan  diperbaiki sehingga akses untuk masuk ke wilayah Desa Bragang sudah mulai mudah. Meskipun Desa Bragang jauh dari pusat kota dan masih membutuhkan waktu tempuh yang cukup jauh dari jalan raya namun hal itu tidak mengurangi minat dari masyarakat luar untuk memasuki desa ini. Selain karena akses jalan, di Desa Bragang ini juga memiliki lokasi wisata yang berpotensi untuk dikembangkan yaitu di Dusun Begunung, tepatnya di kampung Jukong.
      Di kampung Jukong ini terdapat sumber air jernih yang sering digunakan masyarakat Desa Bragang untuk memenuhi kebutuhan air ketika musim kemarau. Di Sumber Jukong ini juga memiliki pemandian bernama Pemandian Jukong yang disekitar pemandian tersebut juga sering digunakan masyarakat luar untuk berkemah. Pemandangan di sekitar Pemandian Jukong begitu asri, sangat alami dan khas suasana pedesaan.
      Desa Bragang memiliki potensi untuk menjadi desa yang maju karena memiliki kepala desa dan masyarakat yang cukup kreatif, “Dulu itu pernah ada pembuatan tas anyaman dan mesinnya sudah ada, namun karena kurangnya kader sehingga produksi tas anyaman itu tidak berjalan lancar dan tidak berkembang seperti seharusnya” kata bapak Sukandar selaku Ketua BKKBN Kecamatan Klampis yang melihat perkembangan Desa Bragang. Desa ini memiliki kader yang kurang produktif untuk membangun masyarakat yang lebih kreatif dalam memanfaatkan potensi mereka. Oleh karena itu, diharapkan adanya kader-kader yang memberikan perubahan atau membawa angin segar untuk kemajuan Desa Bragang Ini.

0 comments:

Post a Comment