Friday, January 12, 2018

Mengupas Eksistensi, Potensi, dan Keunggulan Desa Barang

Bragang merupakan salah satu desa yang terletak di sebelah utara kota Bangkalan. Desa Bragang ini merupakan desa yang terletak di dataran rendah. Meski memiliki kondisi tanah yang cukup bagus, namun dalam hal perairan desa ini cukup mengalami kesulitan. Desa ini juga memiliki wilayah yang cukup luas karena hampir penduduknya kebanyakan bertani dan berkebun sehingga jarak antar rumah satu dengan yang lain berjauhan.
Ditinjau dari segi ekonomi, masyarakat Desa Bragang dapat dikatakan masih dalam tingkat sederhana karena mereka menghidupi diri mereka dengan hasil bumi yang mereka tanam saja. Padahal kegiatan-kegiatan internal yang dilakukan warga juga cukup bagus, hanya saja harus ada pelatihan untuk melakukan perubahan dari masyarakat konsumtif menjadi masyarakat produktif. Oleh karena itu, dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Desa Bragang, kinerja tim KKN 42 UTM harus diupayakan secara berkesinambungan.
Bragang sebenarnya memiliki banyak sekali potensi lokal yang dapat dikembangkan. Potensi lokal tersebut berupa hasil bumi yang melimpah meliputi tanaman pisang, jagung, maupun padi untuk konsumsi pribadi masyarakat selain dijual secara langsung. Agar potensi lokal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal maka kami berupaya memanfaatkan semua bagian hasil pertanian tanpa sisa. Upaya yang kami lakukan adalah memanfaatkan limbah pertanian dari kulit jagung yang sudah kering sebagai produk kerajinan tangan untuk hiasan rumah.
Masyarakat Desa Bragang sendiri sudah sadar akan pentingnya pendidikan, namun perlu pelatihan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Sekolah keagamaan yang terdapat dalam Desa Bragang juga dapat diunggulkan untuk menghadirkan hafidz-hafidz dari semua tingkat pelajar yang ada di desa ini. Hafidz tersebut dapat menjadikan anak-anak memiliki potensi untuk menjadi hafidz yang bisa bersaing dengan desa maupun kota lainnya. Apalagi sekarang banyak sekolah-sekolah maupun universitas negeri yang memberikan nilai lebih (sebagai persyaratan) kepada hafidz atau penghafal Al-Quran.
Dengan demikian, sebagai mahasiswa KKN dari Universitas Trunojoyo Madura, kami berupaya membangkitkan minat warga untuk memanfaatkan potensi Desa Bragang. Selain itu, kami juga berusaha menunjukan hal-hal yang dapat membantu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa dengan berbagai keilmuan yang telah dipelajari dalam bangku kuliah. Salah satu progam kerja yang akan disumbangkan untuk membantu perekonomian adalah dengan adanya pelatihan produk-produk yang terbuat dari berbagai hasil bumi desa. (rez) 

0 comments:

Post a Comment