Sunday, January 21, 2018

Pelatihan Pembuatan Selai Pisang dan Jagung "J-sanglai"

      Pisang dan jagung adalah jenis buah yang disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Pisang dan jagung mempunyai rasa yang sangat enak dan juga mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Harga dari pisang dan jagung juga sangat terjangkau sehingga semua orang pasti pernah mencoba buah ini. Untuk mendapatkan pisang dan jagung juga mudah kerena banyak yang menjualnya di pasar tradisional atau bahkan dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah atau sawah. Salah satunya di Desa Bragang, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan yang hampir di setiap pekarangan rumah dan sawahnya di tanami pohon pisang. Hal itu karena tanaman pisang merupakan tanaman yang mudah hidup di mana saja. Pisang dan jagung juga bisa dikatakan sebagai hasil tani masyarakat di desa Bragang, Klampis, Bangkalan.
      Pisang biasanya dikonsumsi masyarakat dalam keadaan langsung, padahal buah pisang ini bisa diolah menjadi aneka makanan dengan cita rasa yang menarik, agar lebih unik lagi pisang juga dapat dikombinasikan dengan jagung. Buah pisang dan jagung mempunyai banyak manfaat, yang paling penting buah pisang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin, protein, lemak, air dan gula sehingga dapat mengenyangkan dan juga memenuhi apa yang diperlukan oleh tubuh. Ditambah lagi kandungan yang terdapat dalam buah jagung manis yang merupakan sereal yang bebas gluten dan mengandung banyak vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.
      Banyaknya buah pisang yang dihasilkan perlu dilakukan pengolahan yang lebih efisien. Penyimpanan pisang tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lama sehingga untuk meningkatkan kualitas pisang, sebaiknya dengan membuat olahan dari buah pisang yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Salah satu contoh olahan dari buah pisang yang mempunyai nilai jual yang tinggi adalah diolah menjadi selai. Selai yang sering kita ketahui kebanyakan menggunakan buah yang populer seperti buah melon, nanas, dan aneka buah lainnya. Perlu Anda ketahui jika sebenarnya buah pisang juga bisa dibuat menjadi selai. Justru olahan selai pisang mempunyai cita rasa yang lebih nikmat apalagi jika dikombinasikan dengan buah jagung. Cita rasa dari selai pisang lebih manis dari olahan selai pada umumnya, apalagi jika dikombinasikan dengan buah jagung karena tekstur dari jagung akan terasa dan semakin menambah kenikmatan ketika dikonsumsi. Dalam proses pembuatan selai pisang jagung sebenarnya mudah dan bahan yang diperlukan dalam pembuatannya juga sangat terjangkau, yaitu hanya menggunakan bahan baku utama dari buah pisang, jagung dan ditambah dengan gula pasir.
      Selai pisang jagung merupakan salah satu progam kerja dari KKN 42 UTM di Desa Bragang, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. Pelatihan pembuatan selai pisang jagung dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Januari 2018 pukul 14:00 – 16:30 WIB. Pelatihan ini dilaksanakan di acara yasinan yang dihadiri kurang lebih dari 50 orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan juga remaja-remaja dari Desa Bragang. Sasaran dari pelatihan pembuatan selai pisang jagung ini merupakan ibu-ibu PKK di Desa Bragang, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. Tujuan dari pelatihan pembuatan selai pisang jagung ini selain untuk memberikan pengalaman yang lebih bagi ibu-ibu PKK juga bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk menjadikan pisang dan jagung sebagai cara terbaru untuk meningkatkan pendapatan dan dapat menginovasikan hasil tani masyarakat menjadi olahan yang lebih memiliki segi ekonomis dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.
      Pada pelatihan pembuatan selai pisang jagung ibu-ibu PKK tidak hanya sekedar mengamati dan menonton, akan tetapi juga ikut berpartisipasi dalam pelatihan pembuatan selai pisang jagung. Mereka juga sangat antusias dalam mengikuti pelatihan pembuatan selai pisang jagung. Setelah selai pisang jagung sudah jadi, kami selaku anggota KKN 42 UTM juga telah menyediakan roti tawar agar ibu-ibu PKK dapat mencicipi hasil selai yang telah dibuatnya. Kemudian kami juga mendapatkan komentar dari beberapa warga atau ibu-ibu PKK bahwa selai pisang jagung yang telah dibuat rasanya enak dan masih ada tekstur jagungnya, berbeda dengan rasa selai pada umumnya. Setelah acara pelatihan pembuatan selai selesai, para warga tertarik untuk membuat selai sendiri di rumah masing-masing. (ls,ds)

0 comments:

Post a Comment