Thursday, January 11, 2018

Pentingnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura



Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa merupakan aset dalam pembangunan jangka panjang suatu bangsa. Maka dari itu mahasiswa perlu dibekali denga berbagai ilmu pengetahuan akademik maupun sosiologi di masyarakat. Hal ini salah satunya dapat diwujudkan oleh berbagai cara, salah satunya adalah melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan adanya kegaiatan Kuliah Kerja Nyata mahasiswa dapat menyadari posisinya sebagai Agent of Change yang dapat mengoptimalkan potensi suatu daerah dan masyarakat melalui program-program yang memiliki kapasitas keilmuan dan karakter intelektual serta mampu terlibat langsung dalam perubahan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
KKN juga merupakan mata kuliah yang diselenggarakan oleh akademik diseluruh perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh seuruh mahasiswa dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa sebagai bekal hidup di masyarakat. Pada dasarnya KKN adalah bentuk pengabdian nyata seorang mahasiswa kepada masyarakat yang sebenarnya. Setelah mendapatkan materi perkuliahan yang senantiasa dapat berguna di dalam masyarakat itu sendiri.
Kegiatan pengabdian pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan keterampilan untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat. Selain itu, pembenahan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yanng dilakukan serta menjadi program kerja bagi mahasiswa. Dengan kata lain, melalui KKN ini, mahasiswa membantu pembangunan dalam masyarakat. (rez)

0 comments:

Post a Comment